Lokakarya Nasional Publikasi Ilmiah: Pembinaan Jurnal Ilmiah

Diposting pada: 2017-01-27, oleh : staim, Kategori: Kegiatan STAIM

Tulungagung – Kamis, 26 Januari 2017. Guna membangun serta menggairahkan semangat dalam bidang publikasi ilmiah: Jurnal, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dilingkungan dosen STAI Muhammadiyah (STAIM) Tulungagung, P3M STAIM menggelar Lokakarya Pembinaan Jurnal Skala Nasional pada tgl 26 Januari 2017, bertempat di Ruang Rapat Lt.2 Rektorat.

Kegiatan pengembangan jurnal yang diberikan oleh Kemenag Diktis tahun anggaran 2016 lalu kepada Jurnal EDUKASI untuk membina melalui hibah jurnal yang memenuhi Standar Mutu dan Tata Kelola Nasional guna menuju jurnal terakreditasi nasional bereputasi. Lokakarya diikuti 25 peserta yang terdiri dari penyunting, editor dan redaksi Jurnal Jurusan Tarbiyah dan Ekonomi. Hadir sebagai pembicara adalah Kasi Publikasi Ilmiah Dr. Hj. Subandriyah, MM Kemenag Diktis RI dengan materi tentang, Memburu Naskah Lebih Bermutu Dan Manajemen Naskah, Teknik Penyuntingan serta Organisasi Penerbitan Dan Kiat Menjamin Keterlibatan Aktif Mitra Bestari. Acara tersebut dipandu langsung oleh Kepala P3M STAIM TA Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I.

Dalam lokakarya terungkap bahwa publikasi dari karya dosen sangat diperlukan untuk bisa dibaca dan diketahui banyak orang tentang temuan, atau ide-ide cemerlang dari seseorang penemu yang kemudian bisa dikembangkan atau dijadikan sumber acuan bagi pelaksanaan program yang lain. Hal ini juga tidak terlepas dengan membangun semangat kembali untuk menggairahkan dalam bidang tulis menulis sebagai kewajiban tridharma seorang dosen dan kemudian mempublikasikannya.

Sumber juga diketahui bahwa publikasi peneliti Indonesia di dunia internasional masih sangat kurang. Salah satu faktor penyebabnya adalah budaya menulis yang belum berkembang di masyarakat pada umumnya, khususnya di perguruan tinggi. Hal ini juga disebabkan karena rendahnya kemauan dan kemampuan menulis hasil-hasil penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat dalam berkala bermutu, sehingga hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat publikasinya melalui berkala ilmiah nasional maupun internasional masih rendah atau kurang.

Pengembangan budaya dalam meningkatkan kemampuan atau motivasi menulis, menjadi suatu tantangan dan permasalahan yang harus segera dapat dicarikan solusi pemecahannya. Untuk dapat menampilkan berkala ilmiah yang bermutu juga bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Kita sadari bahwa di Indonesia masih sedikit sekali berkala ilmiah yang mampu memuat naskah-naskah bermutu, karena ada dua pemasalahan umum yang dihadapi para pengelola berkala ilmiah, yaitu ketersediaan naskah bermutu; dan keberlanjutan pengelolaaan berkala.

Dengan demikian Ketua STAIM Nurul Amin, M.Ag berkomitmen kuat dengan penuh dukungan akan mengawal terus tim jurnal EDUKASI sampai menuju terakreditasi, sebagaimana ungkapan beliau "jurnal kita ini luar biasa, saya mengapresiasi sekali dan mengucapkan terimakasih yang dalam kepada tim redaksi atas perjuangannya selama ini untuk memajukan dunia perjurnalan di kampus kita, kita harus punya target, 2016 yang lalu sudah berhasil terindex DOAJ internasional bertaraf middle, 2017 harus terakreditasi nasional kemenristek dikti, dan seterusnya target yang selalu meningkat dan membangung".

Diakhir acara, Ketua STAIM memberikan cinderamata kepada pemateri yang kemudian ditutup dengan pose bersama antara pemateri dan seluruh peserta. -af-


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya

Silahkan manfaatkan aplikasi ini dan berikan komentar dengan baik dan mendidik!



Tinggalkan Komentar Anda


Nama*
Email* Tidak akan diterbitkan
Url  Ketik tanpa http:// exp:pendidikanonline.com
Komentar*
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini


© 2017 STAI MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG. Powered by Formulasi Free Opensource CMS | Hosting Sekolah